Header Ads

  • Breaking News

    Kartu Pintar Mulai Dibagikan di DKI pada Hari Pahlawan

    Jakarta Kartu Pintar akan mulai dibagian bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang. Pembagian kartu pintar ini diharapkan bisa membantu pelajar yang kurang mampu untuk bisa terus sekolah.

    "Karena Pak Gubernur minta 10 November, bersamaan dengan Hari Pahlawan, nanti kartu ini akan diberikan di lingkungan pemukiman kumuh, miskin dan padat," kata Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2012).

    Taufik mengatakan, pemberian Kartu Pintar akan diberikan secara bertahap tahun ini. Ada sekitar 3.000 kartu yang akan dibagikan pada 10.766 peserta didik. Untuk tahun ini kartu tersebut akan dibagikan dulu untuk siswa SMA dan SMK.

    "Untuk tahun depan SD, SMP dan SMK akan dapat. Bagi yang mendapat kartu ini akan mendapat Rp 240 ribu per bulan," katanya.

    Taufik menjelaskan, untuk pendidikan ada biaya investasi, biaya operasional dan biaya personal. Untuk sekolah-sekolah negeri biaya investasi dan operasional sudah dibiayai Pemprov DKI, namun biaya personal masih ditanggung orang tua didik.

    "Biaya personal ternyata masih ada orangtua didik yang berasal dari keluarga tidak mampu sehingga merasa berat untuk ongkos dari rumah ke sekolah. Ini yang dicari solusinya sehingga mereka bisa datang sekolah tepat waktu dan juga akan berdampak pada kualitas pembelajaran yang mereka terima dan pada gilirannya jadi peserta didik yang bermutu," katanya.

    Taufik mengatakan, Kartu Pintar ini bekerja sama dengan PT Bank DKI. Kartu ini adalah kartu standarnya bank, sehingga bisa seperti kartu ATM. Untuk yang mendapat kartu ini akan mendapatkan Rp 240 ribu per bulan.

    "Yang mendapat kartu itu mendapat Rp 240 ribu per bulan," katanya.

    Saat ditanya mengapa siswa SMA dan SMK dulu yang diberi Kartu Pintar, Taufik mengatakan hal ini disebabkan siswa SD dan SMP jarak rumah dan sekolah masih dekat. "Untuk SD dan SMP di rasa jarak rumah peserta didik dekat dengan rumah," katanya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728